Selamat Datang di Kebon Digital - Tempat Kita berbagi Ilmu berbagi Informasi - Semoga Bermanfaat

Senin, 28 Januari 2013

Di daerah terpencil Ini 20 Guru Sembilan Bulan tanpa Gaji.

Di daerah terpencil Ini 20 Guru Sembilan Bulan tanpa Gaji.

Purwakarta – Nasib malang menimpa 20 Guru Tidak Tetap (GTT) yang mengajar di daerah terpencil di SMA Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat. Selama 9 bulan belum mendapatkan gaji mereka. Guru tersebut tetap mengabdi, meski untuk menuju sekolah harus naik perahu selama 1 jam lebih serta membayar sewa perahu sebesar Rp50.000 satu kali jalan.

SMA Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat memiliki 22 orang guru, 20 orang di antaranya guru yang berstatus GTT. Dua guru lainnya berstatus PNS. Namun malang, 20 GTT tersebut sudah 9 bulan ini belum mendapatkan sepeser pun yang menjadi hak mereka. Padahal tanpa GTT di sekolah di daerah terpencil tersebut tidak ada guru PNS yang mau mengajar.
“Ya, emang kami hanya GTT, yang tidak mempunyai gaji rutin seperti PNS, tapi sebelumnya kami mendapatkan gaji. Sudah 9 bulan ini tidak mendapatkan lagi, meski sudah diusulkan hingga kini belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah,” kata Salim, salah seorang GTT kepada Media Indonesia.
Untuk menuju sekolah, perjuangan para guru juga tidak sedikit. Mereka harus naik perahu dari Kampung Servis ke Sukasari yang mencapai 1 jam lebih di air yang harga sewa sebesar
Rp50.000 satu kali jalan.
Apabila menggunakan jalan darat biaya transportasi lebih mahal Rp 75.000 ongkos ojek. Keberadaan sekolah SMA Sukasari sendiri kondisinya sangat memprihatinkan, selain masih berlantai tanah, belum beratap dan jendela, tidak jarang ruangan kelas menjadi kandang kambing.
Para guru berharap Pemerintah lebih memperhatikan sekolah sekolah yang ada di daerah tepencil.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi kotak komentar ...